Cara Membuat Pembelajaran Daring Lebih Menyenangkan

  • Whatsapp
Pembelajaran Daring
Pembelajaran Daring

Ahmadmarogi.com – Akibat pandemi akhirnya pemerintah membuat kebijakan sistem Pembelajaran Daring yaitu melalui media online seperti zoom, Goolge meet, WhatsApp, dan sejenisnya. Banyak orang beranggapan bahwa kegiatan ini kurang menyenangkan sehingga membawa dampak buruk untuk para siswa. Lalu bagaimana langkah mudah untuk mengatasinya?

Cara Membuat Pembelajaran Daring Lebih Menyenangkan

Agar bisa memaksimalkan saat pembelajaran darling Anda, perlu mengetahui kiat-kiat khusus. Selain itu, juga perlu adanya pemanfaatan teknologi dengan baik. Terutama bagi guru untuk membuat belajar mengajar menjadi menyenangkan dan siswa bisa mengerti dengan baik.

1. Ajak Siswa untuk Berpartisipasi

Tantangan terbesar guru adalah membuat seluruh siswa mau menghadiri kelas sesuai jadwal. Karena menurut survey, saat pembelajaran darling prosentase yang hadir tidak sering kali mencapai 100%. Hal ini beresiko besar mereka kurang mengerti materi dan tidak bisa mengerjakan tugas.

Agar bisa menghindarinya tunjukkan kesan terbaik saat pertemuan pertama, maka mereka selalu semangat mengikuti kelas sampai akhir. Jika ingin lebih maksimal, maka cobalah membangun kedekatan kepada anak didik, salah satu caranya yaitu dengan memberi intermezo.

2. Bagikan Informasi Baru Dalam Waktu Singkat

Memberikan informasi terbaru saat menjalankan Pembelajaran Daring bisa membuat siswa lebih tertarik menyimak penjelasan Anda, misalnya terkait dengan vaksin. Hal ini selain untuk mengedukasi juga memberikan wawasan agar mereka tidak mudah menerima berita hoax yang banyak di internet.

Pembelajaran Daring
Pembelajaran Daring

Sebaiknya sampaikan materi penting saat sesi pertama, karena menurut penelitian siswa akan menyimak penjelasan dengan baik sekitar 15-20 menit. Hal ini bisa Anda terapkan agar belajar lebih efektif, jika durasi pertemuan masih tersisa cobalah membuat games supaya mereka tidak bosan.

3. Buatlah Konten Penunjang

Perkembangan teknologi berperan penting dalam dunia pendidikan sebab ada banyak pengetahuan di dalamnya. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten menarik terkait bab yang sedang siswa belajar, bagi anak SD sederajat biasanya lebih menyukai bentuk animasi lucu.

Jik belum bisa membuatnya Anda dapat merekam pemaparan suatu materi dengan berbekal boneka tangan atau dengan bernyanyi. Sebagian besar siswa akan menyukainya sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien, jika mereka mengeluhkan memori penuh maka upload di Youtube.

4. Jadikan Pembelajaran Online Interaktif Mungkin

Keberhasilan pembelajaran sistem darling merupakan tantangan terutama bagi tenaga pendidik. Sebab keterbatasan pengetahuan pendukung dalam membuat konten edukatif. Meski sudah banyak guru muda, namun tidak sedikit yang sudah berumur karena dipercaya untuk tetap mengajar.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan pendukung berupa gambar yang menarik, menjelaskan dengan papan tulis, dan memaparkan secara menarik. Anda juga bisa membuat tanya jawab di tengah pembelajaran maupun akhir saat akan selesai agar siswa lebih paham.

5. Penguatan Karakter

Pembangunan karakter bukan hanya di rumah saja, melainkan tenaga pendidik bisa berperan aktif misalnya dengan membekali terkait kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, bersyukur, dan bisa mengambil pelajaran dari semua yang terjadi. Hal ini bertujuan untuk membangun kedekatan.

Penguatan karakter akan membuat siswa memiliki prinsip hidup dan tidak mudah ikut-ikutan apalagi dengan tindakan kurang baik. Sebagai guru, tentunya memiliki tugas besar memberi contoh yang baik agar bisa menjadi panutan dan mengarahkan mereka menjadi SDM berkualitas.

Pembelajaran Daring memiliki manfaat tersendiri karena bisa membangun kedekatan antara guru dan siswa. Terutama saat mengerjakan tugas jika bingung atau belum terlalu paham materinya. Sebaiknya tetap pertahankan wibawa meskipun akrab dengan para anak didik.

Pos terkait