Jadwal Belajar di Rumah TVRI yang Umum Ditonton

  • Whatsapp
Jadwal Belajar di Rumah TVRI
Jadwal Belajar di Rumah TVRI

Ahmadmarogi.com – Selama pandemi untuk mencegah terjadinya cluster baru ada beberapa hal yang pemerintah lakukan. Yaitu agar siswa tetap bisa mendapatkan ilmu melalui beberapa program. Salah satunya membuat jadwal belajar di rumah TVRI yang sudah dipilah sesuai dengan jenjang masing-masing. Sampai saat ini, memang cukup terbilang efektif untuk mengganti sesi tatap muka.

Beberapa Jadwal Belajar di Rumah TVRI

Sebagai pendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ), Kemendikbud mencari alternatif yang penayangannya di TVRI (Televisi Republik Indonesia). Mata pelajaran beserta jamnya sesuai dengan tingkatan, metodenya cukup interaktif agar siswa bisa menerimanya dengan baik.

1. Tingkatan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Pendidikan anak usia dini menjadi salah satu hal penting untuk melatih motoriknya. Jadwal pembelajaran yaitu mulai pukul 08.00 – 08.30 WIB. Dalam satu minggu, ada beberapa mata pelajaran yang mereka buat menyenangkan, pada hari selasa ada jalan sesama.

Audio visual merupakan cara penyampaian pembelajaran paling efektif dan mudah anak-anak pahami dengan baik. Setiap harinya, peserta didik mendapatkan materi yang terjadwalkan dengan baik, untuk weekend ada tambahan tayangan ringan dan menyenangkan namun tetap edukatif.

2. Tingkat SD Kelas 1-3

Jadwal belajar di rumah TVRI untuk tingkat SD kelas 1-3, penjadwalan setiap harinya selama 30 menit yaitu pada pukul 08.30 – 09.00 WIB. Pembahasan materinya dilakukan secara bertahap, misalnya pada hari Selasa X Sains tentang gaya dan sifat-sifatnya.

Jadwal Belajar di Rumah TVRI
Jadwal Belajar di Rumah TVRI

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan memudahkan pemahaman siswa yang masih terbatas jaringan internet. Tujuan lainnya guna mengembangkan kompetensi literasi, menambah kegiatan positif, serta memupuk kedekatan antar keluarga selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

3. Tingkat SD Kelas 4-6

Penjadwalan SD sederajat terbagi menjadi dua untuk mempermudah penyampaian materi karena tingkat kesulitannya berbeda. Hal tersebut untuk pengefektifan pembagian tugas, dalam satu minggu ada beberapa mata pelajaran yang siswa dapatkan seperti Sains, Matematika dan Bahasa Indonesia.

Setiap harinya siswa harus belajar mulai pukul 09.00 – 09.30 WIB. Setelah penyampaian materi sering terdapat tugas untuk pengoptimalan pemahaman. Terkadang pembelajaran secara daring tentu memiliki tantangan tersendiri, seperti tidak ada teman sehingga semangatnya sedikit menurun.

4. Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus perlu mendapatkan perhatian serta teknik pembelajaran yang sedikit berbeda dari lainnya. TVRI menyiarkan program tayangan untuk siswa dalam tingkatan ini pukul 10.30 – 11.00 WIB. Yaitu dengan beberapa materi seperti Keluarga Indonesia (Parenting).

Bagi yang tidak memiliki TV di rumah atau sedang melakukan perjalanan jauh, peserta didik juga dapat menyimak siaran melalui media online yang terhubung dengan channel resmi TVRI. Meski daring, anal-anak tetap harus memperhatikan penjelasan dengan baik.

5. SMP Sederajat

Tingkat SMP juga menjadi sasaran dari program ini yang mendapat jadwal setiap harinya pada pukul 09.30 – 10.30. Dengan mata pelajaran yang terjadwal secara terstruktur, salah satu nama acaranya adalah mantul (Matematika manfaat betul).

Kebijakan siaran belajar di rumah merupakan bentuk kerjasama dari Kemendikbud dengan stasiun penyiaran TVRI. Yaitu untuk membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan. Pelaksanaannya sudah mulai sejak 13 April 2020 sampai kira-kira 3 bulan selanjutnya.

Demikian penjelasan terkait jadwal belajar di rumah TVRI bisa siswa saksikan setiap hari. Hal ini bisa lebih efektif jika peserta didik mencatat materi penting yang ada. Yaitu sebagai bekal nantinya untuk mengerjakan tugas baik dari guru maupun ujian yang akan dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *