Harga Lesen Motor 2021

Bagi para pengendara motor, memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap dan sah merupakan hal yang sangat penting. Salah satu dari surat-surat tersebut adalah lesen motor. Lesen motor ini berguna untuk membuktikan bahwa kita memang memiliki izin resmi untuk mengendarai motor di jalan raya. Namun, tahukah kamu bahwa harga lesen motor 2021 bisa berbeda-beda di setiap daerah?

Harga Lesen Motor di Jakarta

Jakarta merupakan ibu kota Indonesia dan kota terbesar di Indonesia. Tak heran jika harga lesen motor di Jakarta menjadi lebih mahal dibandingkan dengan daerah lainnya. Harga lesen motor di Jakarta saat ini berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000 tergantung dari jenisnya. Selain itu, ada juga biaya administrasi sebesar Rp 30.000 yang harus dibayarkan untuk proses pembuatan.

Untuk jenis-jenis lesen motor, harganya juga berbeda-beda. Misalnya saja untuk lesen motor A, harganya sekitar Rp 350.000. Sedangkan untuk lesen motor B1, harganya sekitar Rp 450.000. Jika kamu ingin memiliki lesen motor C, maka kamu harus membayar sekitar Rp 500.000.

Perlu diketahui juga bahwa harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu harga lesen motor di Jakarta sebelum melakukan proses pembuatan.

Harga Lesen Motor di Bandung

Bandung merupakan kota besar di Jawa Barat yang juga memiliki harga lesen motor yang cukup terjangkau. Harga lesen motor di Bandung saat ini berkisar antara Rp 180.000 hingga Rp 250.000 tergantung dari jenisnya. Selain itu, biaya administrasi yang harus dibayarkan sekitar Rp 25.000.

Jenis-jenis lesen motor yang tersedia di Bandung juga bervariasi. Untuk lesen motor A, harganya sekitar Rp 180.000. Sedangkan untuk lesen motor B1, harganya sekitar Rp 230.000. Jika kamu ingin memiliki lesen motor C, maka kamu harus membayar sekitar Rp 250.000.

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, oleh karena itu sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu harga lesen motor di Bandung sebelum melakukan proses pembuatan.

Proses Pembuatan Lesen Motor

Untuk membuat lesen motor, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kepolisian. Beberapa persyaratan tersebut antara lain:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi STNK motor

3. Fotokopi kartu keluarga

4. Surat keterangan sehat dari dokter

5. Pasfoto berwarna dengan ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

6. Biaya pembuatan sesuai dengan jenis lesen motor yang diinginkan

Setelah kamu memenuhi semua persyaratan di atas, kamu bisa melakukan proses pembuatan lesen motor di Satuan Lalu Lintas Polres setempat. Proses pembuatan akan memakan waktu sekitar 5 hari kerja. Jadi, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua persyaratan dengan baik.

Penutup

Sekarang kamu sudah mengetahui harga lesen motor 2021 di beberapa daerah di Indonesia. Sebelum kamu melakukan proses pembuatan lesen motor, pastikan kamu sudah mengecek terlebih dahulu harga dan persyaratan yang dibutuhkan. Dengan memiliki lesen motor yang sah, kamu bisa menghindari masalah saat berkendara di jalan raya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.