Contoh Soal Tes PBSB 2019: Sukses Tembus Skor Tinggi!

Halo teman-teman! Apa kabar? Semoga kalian semua baik-baik saja ya. Kali ini, saya ingin membahas tentang contoh soal tes PBSB 2019. Mungkin bagi sebagian dari kalian yang akan mengikuti tes PBSB, masih bingung dan belum tahu persis seperti apa soal yang akan dihadapi nanti. Tapi, tenang saja! Saya akan membahasnya secara detail di artikel ini.

Sebelumnya, bagi yang belum tahu, PBSB adalah singkatan dari Penilaian Kemampuan Dasar (PKD) dan Seleksi Bersama (SBMPTN). Tes ini merupakan salah satu tahap dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di beberapa universitas. Jadi, jika kalian ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mengikuti tes PBSB dengan baik.

Bagaimana Bentuk Soal Tes PBSB 2019?

Tes PBSB 2019 terdiri dari 120 soal dengan waktu pengerjaan 150 menit atau 2,5 jam. Soal-soal tersebut terdiri dari tiga bidang studi, yaitu Matematika, Fisika, dan Kimia. Setiap bidang studi terdiri dari 40 soal.

Bentuk soal yang diujikan pada tes PBSB 2019 berupa soal pilihan ganda dengan lima opsi jawaban. Selain itu, ada juga beberapa soal yang berbentuk esai. Oleh sebab itu, kalian harus benar-benar memahami materi dan berlatih mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

Contoh Soal Tes PBSB 2019

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tes PBSB 2019:

Soal Matematika

1. Diketahui persamaan garis AB: y = 2x + 1 dan persamaan garis CD: y = -x + 5. Tentukan persamaan garis yang melalui titik A dan tegak lurus terhadap garis AB!

2. Sebuah kawat memiliki panjang 20 cm dan dipotong menjadi tiga bagian. Bagian pertama lebih panjang dari bagian kedua sebanyak 2 cm, sedangkan bagian kedua lebih panjang dari bagian ketiga sebanyak 4 cm. Berapakah panjang masing-masing bagian kawat tersebut?

Soal Fisika

1. Sebuah bola dilempar dengan kecepatan awal 10 m/s membentuk sudut 60 derajat terhadap horizontal. Berapa jarak tempuh bola sebelum jatuh ke tanah?

2. Sebuah benda bermassa 2 kg dijatuhkan dari ketinggian 10 m di atas permukaan tanah. Berapa energi potensial dan kinetik benda saat berada pada ketinggian 4 m di atas permukaan tanah?

Soal Kimia

1. Sebuah larutan terdiri dari 100 ml air dan 10 ml etanol. Berapakah persen massa etanol dalam larutan tersebut?

2. Berapakah molalitas larutan yang terbentuk dari campuran 500 gram air dan 50 gram gula?

Diatas adalah contoh soal tes PBSB 2019 yang akan kalian hadapi nanti. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal tersebut. Semoga kalian bisa sukses tembus skor tinggi dan menjadi mahasiswa di universitas impian kalian!