Contoh RKH TK Kurikulum 2013: Panduan Lengkap untuk Guru

Sebagai seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK), menyusun Rencana Kerja Harian (RKH) merupakan salah satu tugas penting yang harus dilakukan. RKH adalah dokumen penting yang berisi rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dalam satu hari. Selain itu, RKH juga merupakan salah satu syarat dalam pelaporan kegiatan pembelajaran kepada orang tua murid.

Pada tahun 2013, pemerintah Indonesia mengeluarkan Kurikulum 2013 untuk TK, SD, SMP, dan SMA. Kurikulum tersebut dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam kurikulum tersebut, terdapat beberapa perubahan dalam penyusunan RKH. Berikut adalah contoh RKH TK Kurikulum 2013 yang dapat dijadikan panduan bagi guru.

1. Identitas Sekolah dan Kelas

Bagian pertama dari RKH adalah mengisi identitas sekolah dan kelas. Hal ini penting agar RKH dapat teridentifikasi dengan jelas. Identitas yang perlu diisi antara lain nama sekolah, alamat sekolah, nama guru, dan kelas yang diajar.

Contoh:

Nama Sekolah: TK ABC

Alamat Sekolah: Jl. Merdeka No. 10, Jakarta

Nama Guru: Budi Santoso

Kelas: Bintang Jaya

Setelah identitas sekolah dan kelas terisi dengan benar, langkah selanjutnya adalah mengisi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari tersebut.

2. Kegiatan Pembelajaran Pagi

Kegiatan pembelajaran pada pagi hari biasanya dimulai dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran lainnya. Pada bagian ini, guru perlu mengisi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pagi hari.

Contoh:

07.30 – 07.45: Upacara Bendera

07.45 – 08.00: Sholat Berjamaah

08.00 – 08.30: Pembelajaran Tematik – Tema: Lingkungan Sekitar

08.30 – 09.00: Pembelajaran Bahasa Indonesia – Membaca Buku Cerita

09.00 – 09.30: Pembelajaran Matematika – Mengenal Angka 1-10

Dalam mengisi kegiatan pembelajaran, guru perlu memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.

3. Kegiatan Pembelajaran Siang

Setelah kegiatan pembelajaran pagi selesai dilakukan, biasanya dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran siang. Pada bagian ini, guru perlu mengisi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada siang hari.

Contoh:

10.00 – 10.30: Pembelajaran Seni Budaya – Membuat Kerajinan Tangan

10.30 – 11.00: Pembelajaran Pendidikan Jasmani – Olahraga Ringan

11.00 – 11.30: Pembelajaran Tematik – Tema: Lingkungan Sekitar

11.30 – 12.00: Persiapan Pulang

Dalam mengisi kegiatan pembelajaran, guru perlu memperhatikan waktu yang tersedia dan memastikan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

4. Penutup

Demikianlah contoh RKH TK Kurikulum 2013 yang dapat dijadikan panduan bagi guru dalam menyusun RKH. Dalam menyusun RKH, guru perlu memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan memastikan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai tujuan tersebut.