Contoh Kalimat Penghubung dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak jenis kata, salah satunya adalah kata penghubung atau conjunction. Conjunction digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau lebih dalam sebuah kalimat. Conjunction juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih kalimat menjadi satu kesatuan yang utuh.

Pengertian Conjunction

Conjunction atau kata penghubung adalah jenis kata yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau lebih dalam sebuah kalimat. Conjunction digunakan untuk membuat kalimat menjadi lebih efektif dan mudah dipahami. Conjunction juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua kalimat menjadi satu kesatuan yang utuh.

Contoh kata-kata penghubung dalam bahasa Inggris antara lain: and, or, but, because, although, if, when, dll. Dalam bahasa Inggris, kata penghubung dapat digunakan dalam berbagai macam bentuk kalimat, seperti kalimat simple, kalimat kompleks, dan kalimat majemuk.

Jenis-Jenis Conjunction

Ada dua jenis conjunction dalam bahasa Inggris, yaitu coordinating conjunction dan subordinating conjunction. Berikut penjelasan tentang kedua jenis conjunction tersebut:

1. Coordinating Conjunction

Coordinating conjunction atau konjungsi koordinatif adalah kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau lebih yang setara dalam sebuah kalimat. Coordinating conjunction digunakan untuk menggabungkan dua kalimat menjadi satu kalimat yang utuh dan memiliki arti yang jelas.

Contoh kata-kata penghubung dalam bahasa Inggris yang termasuk dalam jenis coordinating conjunction antara lain: and, or, but, so, for, yet, nor.

2. Subordinating Conjunction

Subordinating conjunction atau konjungsi subordinatif adalah kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan sebuah klausa utama dengan sebuah klausa yang lebih rendah tingkatannya (subordinate clause). Subordinate clause adalah klausa yang tidak memiliki arti yang utuh dan harus bergantung pada klausa utama untuk memberikan makna yang jelas.

Contoh kata-kata penghubung dalam bahasa Inggris yang termasuk dalam jenis subordinating conjunction antara lain: because, although, if, when, before, after, etc.

Contoh Kalimat Penghubung dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh kalimat penghubung dalam bahasa Inggris yang sering digunakan:

1. And

Kata “and” digunakan untuk menghubungkan dua hal yang memiliki kesamaan atau kesinambungan.

Contoh: I like to read books and watch movies.

2. Or

Kata “or” digunakan untuk memberikan pilihan atau alternatif dalam sebuah kalimat.

Contoh: Do you want to eat pizza or pasta?

3. But

Kata “but” digunakan untuk memberikan perubahan atau kontras dalam sebuah kalimat.

Contoh: I like to eat fast food, but I know it’s not healthy.

4. Because

Kata “because” digunakan untuk memberikan alasan atau penyebab dalam sebuah kalimat.

Contoh: I didn’t go to the party because I was sick.

5. Although

Kata “although” digunakan untuk memberikan kontras antara dua hal yang berlawanan dalam sebuah kalimat.

Contoh: Although it was raining, we still went for a walk.

6. If

Kata “if” digunakan untuk memberikan kondisi atau syarat dalam sebuah kalimat.

Contoh: If you study hard, you will get good grades.

7. When

Kata “when” digunakan untuk memberikan waktu atau saat dalam sebuah kalimat.

Contoh: I always drink coffee when I wake up in the morning.

Kesimpulan

Kata penghubung atau conjunction adalah jenis kata yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau lebih dalam sebuah kalimat. Conjunction dapat digunakan untuk membuat kalimat menjadi lebih efektif dan mudah dipahami. Ada dua jenis conjunction dalam bahasa Inggris, yaitu coordinating conjunction dan subordinating conjunction. Contoh kata-kata penghubung dalam bahasa Inggris antara lain: and, or, but, because, although, if, when, dll.