Cara Mengajari Anak Cepat Membaca Lebih Efektif

  • Whatsapp
Cara Mengajari Anak Cepat Membaca
Cara Mengajari Anak Cepat Membaca

Bagi orang tua dan tenaga pendidik, penting mengetahui terkait cara mengajari anak cepat membaca untuk menunjang kemampuan motoriknya. Terlebih bagi mereka yang masih duduk di tingkat PAUD ataupun Taman Kanak-kanan (TK).

Cara Mengajari Anak Cepat Membaca Lebih Efektif

Saat mengajarkan hal baru pada anak tentu memerlukan proses yang tidak sebentar, untuk itu sangat perlu kesabaran. Kemampuan setiap individu cenderung berbeda sehingga mereka memerlukan cara pengajaran yang sesuai dengan karakteristiknya.

Lalu bagaimanakah cara termudah mengajari anak agar bisa cepat membaca?

1. Menggunakan Lagu Anak-anak

Sebagian besar orang mudah mengingat sesuatu jika menggunakan lagu. Untuk itu, putarkan musik yang berisi abjad. Biasanya secara tidak sadar mereka akan menyanyikannya dan lama-kelamaan akan hafal dengan sendirinya. Dampaknya juga baik untuk anak seperti membuatnya lebih bahagia.

Saat bernyanyi Anda bisa menyelingi dengan tepuk tangan, manfaatnya adalah untuk membangun kesadaran fonemiknya. Hal tersebut merupakan salah satu keterampilan paling penting dalam belajar membaca. Aktivitas ini mereka sukai karena belajar dan menambah pengetahuan sambil bermain.

2. Membelikan Poster Berwarna

Anda juga bisa menemukan dengan mudah proster berwarna di toko mainan atau penyedia alat tulis. Ada bermacam tipe layout yang menarik bagi anak-anak dengan harga cukup terjangkau. Namun sebaiknya pilih dengan tulisan besar serta warnanya cerah seperti kuning, hijau muda, pink, dan biru.

Cara Mengajari Anak Cepat Membaca
Cara Mengajari Anak Cepat Membaca

Ajari terlebih dahulu mereka mengenali bentuk setiap hurufnya kemudian bacakan dengan keras. Persiapkan papan tulis agar bisa mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dengan baik. Hal ini terbukti efektif karena lebih menyenangkan bahkan sekaligus melatih motoriknya.

3. Membuat Kartu Sederhana

Benda bergambar lebih efektif untuk mengenalkan huruf kepada anak, sebab mereka akan menjadikannya sebagai bahan mainan. Caranya buatlah game sederhana kemudian setiap hurufnya lafalkan dengan suara berbeda. Hal ini bisa membuat ingatannya semakin kuat.

Instruksikan anak untuk menirukan mengucapkan setiap huruf. Cara mengajari anak cepat membaca harus tau bagaimana agar mereka tetap menikmati selama masa pembelajaran. Sebaiknya jika menunjukkan progres yang baik Anda bisa memberikan hadiah bisa berupa permen atau es krim.

4. Mengajak Anak Bermain Huruf

Permainan ini bisa Anda dapatkan pada toko maupun marketplace, harganya sendiri cukup ekonomis. Metode tersebut terbilang efektif untuk anak-anak karena mereka bisa belajar tanpa takut kelelahan. Pastikan membuat lingkungan yang nyaman sehingga pikiran rileks dan menyenangkan.

Jenisnya sendiri juga beragam ada yang terdapat magnet dan dapat melekat pada benda-benda seperti papan tulis, buku, lantai, dan tembok. Saat mengajarkannya penting memperhatikan setiap prosesnya, pastikan melihat bagaimana progresnya untuk mengembangkannya lebih maksimal.

5. Memanfaatkan Kehadiran Teknologi

Teknologi saat ini banyak membantu memudahkan berbagai kegiatan masyarakat, salah satunya adalah mengajari anak belajar membaca. Youtube bisa menjadi rujukan untuk mencari berbagai macam video edukatif bergambar yang menarik anak-anak, seperti animasi lucu dan karakter khusus.

Setiap individu sebenarnya memiliki kecenderungan pada media penunjang kegiatan belajarnya, namun sebagian besar akan lebih mudah menggunakan audio visual. Mereka bisa mengingat gambaran huruf beserta prosesnya, selain itu juga tersedia aplikasi di playstore maupun Appstore.

Cara mengajari anak cepat membaca menjadi PR bagi tenaga pendidik pada jenjang TK dan PAUD serta orang tua. Sebab usia tersebut masih suka bermain sehingga harus menyesuaikan kebiasaan. Saat ini sudah tersedia berbagai alat pendukung, Anda bisa memanfaatkan dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *